MULAI TAHUN DEPAN PEMERINTAH HAPUS UN SD

Rabu, 15 Mei 2013 15:26:18 - oleh : admin
MULAI TAHUN DEPAN PEMERINTAH HAPUS UN SD

Karena program Wajib Belajar 9 Tahun dan Kurikulum 2013 yang akan segera diterapkan pada pertengahan Juli 2013, mulai tahun ajaran 2013/2014, pemerintah secara resmi meniadakan Ujian Nasional Sekolah Dasar (SD) sederajat (MI/ SDLB). Hal ini diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditandatangani Presiden Republik Indonesia pada 7 Mei 2013.

Dengan demikian, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibrahim Bafadal mengatakan, mulai tahun depan anak-anak SD tidak lagi akan direpotkan dengan UN. Namun yang pasti, penghapusan UN ini tidak akan menghilangkan sistem evaluasi pada jenjang pendidikan dasar tersebut. Ini karena, ada sistem evaluasi di tiap jenjang pendidikan.

Sementara, hal penting lain dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tersebut adalah menyangkut ketentuan penilaian hasil belajar. PP hanya menegaskan penilaian hasil belajar digunakan untuk 3 hal, yaitu menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Adapun ketentuan tentang penilaian pada mata pelajaran Agama, Akhlak Mulia, Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan, Estetika, Jasmani dan Olahraga serta Kesehatan yang tertuang dalam Pasal 64 Ayat (3,4,5,6,dan 7) PP No 19/2005, dinyatakan dihapus. Menurut PP ini, Pemerintah menugaskan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk menyelanggarakan Ujian Nasional yang diikuti peserta didik pada setiap satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar dan menengah dan jalur nonformal kesetaraan. (EKA MARIA)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya